BERITA
  • 10 Desember 2019
  • 0 Komentar
  • 45 Kali Dilihat
Kemenhub Lakukan Akreditasi Penilaian, Alat Uji Ranmor UPTD-PKB Dishub Kabupaten Pringsewu

Tim akreditasi Kementerian Perhubungan (Kemehub)  sambangi Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTD-PKB) Dinas Perhubungan Kabupaten Pringsewu, Senin (10/12/2019). Kedatangan Tim Akreditasi ini untuk melakukan penilaian alat uji kendaraan bermotor (ranmor) sebagai bentuk legalitas dalam pelaksanaan pengujian berkala dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.

Kepala Dinas Perhubungan Pringsewu Hendrid, SE.MM didampingi Kepala UPTD-PKB Kabupaten Pringsewu Syamsudin, SE dan Sekertaris Dinas Perhubungan Yanwir HK, MM mengatakan, tim tersebut telah melakukan penilaian alat uji roda kuncup, break tester, light tester, spedometer, side slip tester, suara klakson, smoke tester dan SOP pelayanan administrasi, di UPTD PKB, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu.

"Hasil penilaian akan mereka bawa ke Jakarta untuk menentukan akreditasi apakah PKB ini  layak beroperasi atau tidak".

Disampaikannya pula, akreditasi ini merupakan proses pemberian pengakuan formal yang menyatakan bahwa suatu unit pelaksana uji berkala kendaraan bermotor telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengujian berkala kendaraan bermotor.

"Semoga alat uji yang ada di UPTD-PKB setelah diakreditasi mendapat legalitas, sehingga pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor di UPTD-PKB ini dapat berjalan baik dan terakreditasi layak. Di tahun 2020 mendatang diharapkan masing - masing Unit Pelaksana Uji Berkala Kendaraan Bermotor (UPUBKB) Kabupaten/Kota sudah menerapkan Bukti Lulus Uji Berkala Kendaraan bermotor berupa Kartu Pintar/ Smart Card.